SDN
10 SUMERTA DENPASAR TIMUR
JALAN KATRANGAN 17B DENPASAR
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMA : NYATUA LAN MAGENDING
Sekolah : SDN 10
SUMERTA
Mata Pelajaran
: Bahasa Bali
Kelas / semester : IV (Empat)/I (Satu)
Pertemuan ke
: I / II
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Mampu menyimak dan memahami serta
menanggapi berbagai pesan, wacana lisan baik yang dibacakan maupun melalui
rekaman/siaran, cerita/dongeng, serta gending Bali.
Kompetensi Dasar :
Siswa mampu mendengarkan dan memahami isi berita, cerita /dongeng, gending Bali
yang dibacakan.
Indikator : 1. Mampu menyimak dongeng yang dibaca.
2. Mampu memahami cerita yang dibaca.
3. Mencatat isi pesan dari cerita/dongeng,
gending Bali.
Pembelajaran
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu menyimak berita yang
dibaca.
2. Siswa mampu mendengarkan dan
menirukan gending/pupuh yang ditembangkan.
3. Siswa mampu memahami isi dari wacana
yang dibaca, dan gending/pupuh, serta membuat kesimpulan.
B. Materi Pembelajaran :
1. Palajahan Bahasa Bali
Kusumasari Kelas IV.
-
Wacana
Ngawit Masuk.
-
Mendegarkan
berita dan gending /Pupuh Maskumambang.
C. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah dan demonstrasi pupuh.
2. Diskusi.
3. Tanya jawab.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan ke I.
1. Kegiatan awal :
-
Salam
perkenalan.
-
Absensi
Siswa
-
Motivasi dan apersepsi / salam dalam bahasa Bali.
2. Kegiatan Inti :
Eksplorasi :
-
Membaca
wacana.
-
Menulis
gending Bali/meringkas isi wacana.
-
Mendengarkan
gending dan pupuh.
Elaborasi :
-
Siswa
mendengarkan wacana yang dibacakan oleh guru.
-
Siswa
mampu mendengarkan gendingan/pupuh dengan baik dan jelas.
-
Siswa
mampu memahami isi dari gending yang dibaca .
-
Siswa
diminta untuk menulis kosa kata yang kurang dimengerti/kata yang sulit.
-
Siswa
diminta untuk meringkas isi dari wacana yang dibaca serta dapat menterjemahkan
kedalam bahasa Indonesia.
Konfirmasi :
-
Guru
menyimpulkan isi dari wacana yang dibacakan.
-
Guru
dan siswa bersama – sama merefleksikan hasil pembelajaran pada saat itu.
3.
Kegiatan Akhir :
-
Penilaian
-
Guru
memberikan evaluasi untuk mengetahui hasil pembelajaran.
-
Guru
memberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam wacana
-
Salam
penutup,
Pertemuan ke 2.
1. Kegiatan awal :
-
Salam
dalam bahasa Bali
-
Absensi
siswa
-
Motivasi
dan apersepsi tentang pelajaran yang lalu.
2. Kegiatan Inti :
Eksplorasi :
-
Memberi
contoh cara melagukan pupuh maskumambang.
-
Menulis
kosa kata yang sulit dan menterjemahkan.
-
Meringkas
isi pupuh maskumambang.
Elaborasi :
-
Siswa
melagukan gending/pupuh.
-
Siswa
mampu mendengarkan gendingan/pupuh dengan baik dan jelas.
-
Siswa
diminta untuk menulis kosa kata yang kurang dimengerti/kata yang sulit.
-
Siswa
diminta untuk meringkas isi dari gending yang didengar serta dapat
menterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.
Konfirmasi :
-
Guru
menyimpulkan isi dari gending yang dilagukan.
-
Guru
dan siswa bersama – sama merefleksikan hasil pembelajaran pada saat itu.
3. Kegiatan Akhir :
-
Penilaian
-
Guru
memberikan evaluasi untuk mengetahui hasil pembelajaran.
-
Guru
memberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam wacana
-
Salam
penutup dalam bahasa Bali,
E. Sumber Mata Pelajaran
-
Buku pedoman sendiri/Pupuh/gending Bali.
-
Kusumasari
Bahasa Bali.
-
LKS
Widya Sari
F. Penilaian :
-
Teknik :
Tugas individu.
-
Bentuk Instrument : Uraian.
-
Soal – soal :
Jawablah Pertanyaan dibawah ini!
1.
Pupuh apa adane
ane gendingan I wawu ?.
2. Kudang pada liun gendinge I wawu ?.
3. Napi adan dasar jagat Indonesiane ?.
4. Kudang carik ngwangun pupuhe ane
kagendingan I wawu ?.
5. Tegarang gendingan pupuh maskumambang
di arep kelas !.
Pedoman Skor Nilai
NO
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa yang mampu
menjawab 5 soal
|
12
|
2
|
Siswa yang mampu
menjawab 4 soal
|
3
|
3
|
Siswa yang mampu
menjawab 3 soal
|
3
|
4
|
Siswa yang mampu menjawab 2 soal
|
0
|
5
|
Siswa yang mampu menjawab 1 soal
|
0
|
|
Skor Maksimal
|
12
|
Mengetahui, Denpasar, 01 Maret 2012
Kepala Sekolah SDN 10 Guru Mata Pelajaran
( I Nyoman Sukadiasa, S.Pd) (Ni Nyoman Sutarpini,
S.Pd.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar