Kamis, 17 Oktober 2013

MENGINSTAL BB


II.  Cara meng-install program:
A.  File-file font. File font harus di-install sebagaimana umumnya meng-install font ke dalam Windows. Yaitu melalui Control Panel dan Install New Font. Setelah font selesai di-install, maka font sudah bisa ditampilkan di layar monitor melalui program aplikasi Windows.
B.  Walaupun font Bali Simbar-B dan KwTimes New Roman bisa ditampilkan dalam Windows, tapi untuk menyunting naskah, kita harus bekerja dengan Microsoft Word for Windows, melalui template Bali-b.dot, agar cara pemakaiannya menjadi mudah.
Oleh karena itu, sebelum font ini bisa dipergunakan dengan mudah melalui MS Word, harus dileng­kapi dengan meng-install file template Bali-b.dot ke dalam MS.Word. 
Caranya yaitu dengan meng-copy file BALI-B.DOT tersebut ke dalam directori / folder TEMPLATE yang terdapat dalam Program Word atau MSOffice. Kadang-kadang terdapat lebih dari satu directori / folder TEMPLATE dalam satu Hard-disk (hal ini bisa terjadi kalau kita pernah menginstal ulang MS Office kedalam Windows).
Kalau ragu-ragu direktori / folder mana yang dimaksud, maka untuk mudahnya : copy saja file BALI-B.DOT ke dalam semua direktori / folder TEMPLATE.
Kalau sulit mencari letak folder / directori TEMPLATE, carilah file bernama NORMAL.DOT. Seharusnya file NORMAL.DOT hanya terdapat pada folder / directori TEMPLATE saja.
C.  Dengan kedua langkah tadi program bantu ini sudah siap dipakai. Sebelum menggunakan program ini lebih lanjut ada yang masih harus dilakukan:
        1. Non aktifkan fasilitas AutoCorrect.
        2. Non aktifkan fasilitas Spelling and Grammar.
        3. Non aktifkan fasilitas WordPerfect Help (dibawah menu Help, WordPerfect Help, Options).

III.   Cara penggunaan program:
A.       Setelah Word dibuka. Kalau akan membuat naskah baru, harus dimulai dengan File, New, kemudian pilih template Bali-B. Selanjutnya ketik naskah, pakai petunjuk penggunaan KeyBoard.
B.        Kalau akan menyunting naskah yang telah pernah disunting dengan Bali Simbar-B, maka tinggal membukanya saja.
C.        Kalau akan menyunting naskah yang telah memakai font Bali Simbar versi terdahulu, rubahlah semua font Bali Simbar pada naskah dengan font Bali Simbar-B. Aktifkan template Bali-B.
        Kalau naskah hanya memakai font Bali Simbar:
a.       Buka naskah.
b.      Select all (Edit, Slect All)
c.       Rubah font dengan memilih font Bali Simbar-B (atau klik Format, Font, pilih font).
        Kalau naskah memakai lebih dari satu font, pakai fasilitas Replase.
D.       Pada naskah-naskah yang disunting dengan template Bali (versi terdahulu), maka template Bali-B harus diaktifkan. Caranya:
               a.  Setelah naskah lama dibuka.
               b. File, Template, Attach ….. pilih Bali-B.
               c.  Pada Office-97 Tools, Template, Attach ….. pilih Bali-B
E.        Gambar-gambar modre adalah file gambar, bisa di-insert ke dalam naskah Word, atau dibuka melalui program menggambar (Paintbrush, Corel-Draw, Corel Paint, Foto Shop dsb.).
F.         File Bacalah.doc berisi penjelasan tentang Bali Simbar versi B ini. Pada bagian akhir dari file ini terdapat tabel yang berisi petunjuk lengkap cara pemakaian Keyboard.

*     Contoh naskah Aksara Bali:

,1,b,  >0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køssÓËymp(UwÙttÙ.sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,

*     Dengan memakai indent dan tab dibelakang angka 1.1. maka naskah akan menjadi seperti di atas, tanda tab akan meloncat bersama karakter-karakter dibelakangnya kebaris kedua. Seandainya ada beberapa space pada baris pertama, maka baris akan diputus pada posisi tanda space.

,1,b,ÿ¿>0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køs¿¿sÓËymp(UwÙttÙ.¾¿sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,

*     Dengan menghilangkan tanda tab, diganti dengan Ctrl-O dua kali maka naskah menjadi seperti di atas, rata kiri di belakang angka, tapi pada baris ke dua ada em  yang harus dibawa turun.

,1,b,ÿ¿>0>ýÁwøfÂMÿsÓ¡>0>ymp(UwÙttÙ>÷køs¿¿¿sÓËymp(UwÙttÙ.¿¿sÑ%v`rød(Ugáor&ggnnÓrtuÿÿemon/h¾¾tß¾s¾s(r&¾¾kw;ÁgÂø,hplø;w(xÂv`rimrups*hê*ymdøptø,

*     Kalau taleng dan ma dibawa turun maka naskah tidak akan mau rata kanan, walaupun telah di-“justify”. Bentuk naskah akan kelihatan seperti  di atas ini.

,1,b,             > 0 > ý Á wø f Mÿ sÓ¡ > 0 > y m p(U wÙ t tÙ > ÷ kø s ¿sÓË y m p(U wÙ t tÙ.¿ sÑ% v ` rø d(U gáo r& g g n nÓ r tu emo n/ h tß s s( r& k w; Á gÂø, h p lø; w( x v ` ri m ru p s* hê* y m dø p tø,

*     Seperti di atas inilah naskah tersebut sebaiknya diketik, yaitu dengan me nambahkan space sebanyak-banyaknya. Semua posisi pemutusan suku kata diisi space. Jarak karakter-karakter pada baris ke dua lebih renggang dari pada jarak karakter-karakter pada baris ketiga. Karena ruang sisa (bekas lokasi em ) pada baris kedua jauh lebih lebar dari pada ruang sisa pada baris ketiga.

*     Tanda Tab setelah angka paragrap juga bisa diketikkan, sehingga paragrap menjadi betul-betul rata kiri dibelakang tanda indent.

*     Karena space ini sekaligus merupakan posisi di mana baris akan diputus, maka space ini tidak baik dipasang dibelakang taleng, didepan tedung, didepan adeg-adeg, didepan cecek, didepan naniya dan sebagainya. Jadi space diberikan pada semua posisi pemutusan suku kata yang benar, atau pada posisi yang kita kehendaki.

*     Seandainya margin kanan naskah tersebut kita rubah (cobalah geser margin kanan, dengan menggeser dengan mouse tanda segitiga pada ujung kanan mistar), atau kita sisipkan beberapa karakter baru, maka kita tidak perlu khawatir, bahwa baris-baris naskah akan diputus pada tempat yang salah.

,1,b,ÿ¿¿> 0 > ý Á wø f Mÿ sÓ¡ > 0 > y m p(U wÙ t tÙ > ÷ kø s ¿sÓË y m p(U wÙ t tÙ. ¿sÑ% v ` rø d(U gáo r& g g n nÓ r tu emo n/ h tß s s( r& k w; Á gÂø, h p lø; w( x v ` ri m ru p s* hê* y m dø p tø,

*      Bentuk naskah tersebut lengkap dengan tanda-tanda spacenya adalah sbb:

,1,·b,–›> ··0·> ··ý· ·Á· ·w·ø ·f ·Mÿ ·sÓ¡ ·> ·0 ·> ·y ·m ·p(U ·wÙ ·t ·tÙ ·> ·÷ ·kø ·s ¿·sÓË ·y ·m ·p(U ·wÙ ·t ·tÙ.ÿ ·sÑ% ·v ·` ·rø ·d(U ·gáo ·r& ·g ·g ·n ·nÓ ·r ·tu ·emo ·n/ ·h ·tß ·s ·s( ·r& ·k ·w; ·Á ·gÂø, ·h ·p ·lø; ·w( ·x ·v ·` ·ri ·m ·ru ·p ·s* ·hê* ·y ·m ·dø ·p ·tø, ·¨¨¨¨¨¨¨¶

*     Tanda [·] adalah tanda space. Tanda space [·]··, tab [–›] dan tanda paragraf [¶] bisa ditampilkan dengan meng-klik icon [¶] yang terdapat pada batang menu Standard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar