Kamis, 17 Oktober 2013

PENULISAN BS SD


Contoh Penulisan Bali Simbar pada Tingkat SD       

Niki rambut
nikirmãut/.
Niki karna
nikik(x.

Niki Wimba
nikiwimã.
Niki tangan
nikit\n/.

Contoh Penulisan Bali Simbar pada Tingkat SMP
Batis cangak
btisÇ\k/.
Panak Sampi
pnkuæmæi.

Contoh Penulisan Bali Simbar pada Tingkat SMA
SMK PGRI
,6s/6m/kepeg6(÷.
DISBUD
disã¡d/.




D. Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Menulis Narasi, Deskripsi, Eksposisi dan Argumentasi
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran menulis memang tidak bisa ditawar-tawar lagi bahkan sudah menjadi kebutuhan. Teknologi informasi bukan hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu tapi juga sebagai sumber belajar bagi siapapun. TIK atau information and communication Technology (ICT) adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi. 
Berdasarkan fungsi TIK di atas sangat jelas bahwa teknologi ini sangat tepat digunakan untuk pembelajaran menulis khususnya penulisan yang bermedia Bali Simbar. Pembelajaran menulis merupakan kegiatan mengolah pikiran dan  informasi menjadi sebuah tulisan. Untuk memperlancar kegiatan menulis peran teknologi tidak bisa dihindarkan lagi. Banyak manfaat yang mudah didapatkan melalui perkembangan teknologi pembelajaran. 
Proses menulis mulai dari tahap prapenulisan sampai revisi akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan teknologi. Tahap prapenulisan misalnya, kita akan berhadapan dengan penentuan tema karangan, menyusun kerangka karangan, sampai menyusun karangan akan lebih lancar bila didukung oleh teknologi pembelajaran. Apalagi saat proses menulis atau pengembangan paragraf kita bisa lebih leluasa mengembangkan karangan.
Pembelajaran menulis di dari tingkat SD-SMP-SMA merupakan standar kompetensi yang harus diajarkan mulai dari kelas I sampai kelas XII. Tujuan  akhir pembelajaran ini adalah siswa memiliki kemampuan menulis berbagai jenis tulisan. Untuk memiliki kompetensi menulis, siswa tidak hanya harus memiliki teori menulis saja tetapi lebih pada bagaimana siswa dapat menghasilkan karya tulisan. Hal tersebut dapat ditempuh melalui latihan-latihan menghasilkan tulisan. Untuk menghasilkan tulisan yang baik maka siswa perlu didukung oleh media pembelajaran. Dan manfaat nyata dari adanya teknologi pembelajaran Bali Simbar dalam pembelajaran menulis adalah pertama, wawasan akan berkembang. Kedua, mempercepat pekerjaan menulis. Ketiga, Kita dapat menulis tanpa batas tempat dan waktu. Keempat, alat ini memiliki fungsi menyimpan dan mengubah data secara otomatis sehingga kesalahan-kesalahan penulisan dapat lebih mudah diperbaiki. Kelima, tulisan dapat tersimpan secara aman dalam komputer.

1.  Narasi
Narasi adalah bentuk wacana yang berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri pe­ristiwa itu (Keraf, 1987:135). Suatu peristiwa atau suatu proses dapat juga disajikan dengan mempergunakan metode deskripsi. Oleh karena itu narasi sulit sekali dibedakan dari deskripsi. Sebab itu, mesti ada unsur lain yang diperhitungkan, yaitu unsur waktu. Dengan demikian pengertian narasi itu mencakup dua unsur dasar. Unsur yang terpenting dalam sebuah narasi adalah unsur perbuatan atau tindakan yang terjadi dalam suatu rang­­kaian waktu.
Apa yang telah terjadi tidak lain daripada tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang-orang atau tokoh-tokoh dalam suatu rangkaian waktu. Bila deskripsi meng­gambarkan suatu objek secara statis, maka narasi mengisahkan suatu kehidupan yang dinamis dalam suatu rangkain waktu. Menurut Parera (1984:3) karangan narsi adalah suatu bentuk pengalaman karangan dan tulisan yang bersifat menceritakan sesuatu berdasarkan perkembangannya dari waktu ke waktu. Narasi mementingkan urutan kronologis dari suatu peristiwa atau kejadian serta masalah. Pengarang bertindak sebagai seorang sejarahwan atau tukang cerita.
Berdasarkan uraian di atas narasi dibatasi sebagai bentuk tulisan yang bertujuan menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman yang dialami manusia berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar