3. PENUTUP
Media
pendidikan merupakan teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Mata pelajaran Bahasa Bali meliputi
4 aspek keterampilan berbahasa
yang dimaksud dalam belajar bahasa adalah mendengarkan, berbicara, membaca, dan
menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan tertinggi yang diperoleh
seorang anak setelah mereka memperoleh ketiga keterampilan lainnya. Sebagai
salah satu keterampilan produktif, menulis memiliki peran yang sangat besar
dalam kehidupan terutama dalam hal pengembangan pengetahuan, budaya,
pengungkapan rasa, dan karsa manusia. Dalam pembelajaran menulis aksara
Bali dapat menggunakan teknologi Bali
Simbar antara lain Bali Simbar B, Bali Galang dan Bali DJ (Dwijendra). Dari
penggunaan program Bali Simbar tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat
siswa dalam hal menulis aksara Bali dalam kegiatan mengembangkan keterampilan
menulis karangan narasi, argumentasi, eksposisi dan deskripsi. Serta manfaat
nyata dari adanya teknologi pembelajaran Bali Simbar dalam pembelajaran menulis
adalah pertama, wawasan akan berkembang. Kedua, mempercepat pekerjaan menulis. Ketiga, Kita
dapat menulis tanpa batas tempat dan waktu. Keempat, alat ini memiliki fungsi
menyimpan dan mengubah data secara otomatis sehingga kesalahan-kesalahan
penulisan dapat lebih mudah diperbaiki. Kelima, tulisan dapat tersimpan secara
aman dalam komputer.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. 2010. Strategi Pembelajaran Seolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta: Prestasi Pustaka
Akhadiah, Sabarti MK.et al. 1986.
Menulis. Jakarta: Karunika UT
Arkhadiah, Sabarti, dkk. 1986. Menulis
II. Jakarta: Karunika.
———1987. Pembinaan Kemampuan
Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: CV Manasco.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model
dan Media Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:
Yrama Widya.
De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2007. Quantum
Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Standar Isi.
Jakarta: BNSP
Gie, The Liang. 1995. Pengantar
Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty
Hartoyo. 2012. Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Pelita Insani
Irman, Mokhamad. 2008. Bahasa
Indonesia 1 untuk SMK/MAK Semua Program Keahlian. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi
dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Ende Flores:
Nusa Indah..
Linda Campbell, dkk. 2007. Metode Praktis Pembelajaran
Berbasis Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.
Prawiradilaga, Raphael Rahardjo, Yusufhadi Miarso,
1994, Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya, (Unit Penerbitan
Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Sadiman, Arief S. 1990. Media
Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Suparno, dkk. 2010. Keterampilan
Dasar Menulis. Jakarta: UT
Sutrisno. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas
Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta:
Referensi
Sardiman, Arief S. dkk. 2006. Media
Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :
PT. Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa
Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar