Kamis, 17 Oktober 2013

PENUTUP


3. PENUTUP
Media pendidikan merupakan teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Mata pelajaran Bahasa Bali meliputi 4 aspek keterampilan berbahasa yang dimaksud dalam belajar bahasa adalah mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan tertinggi yang diperoleh seorang anak setelah mereka memperoleh ketiga keterampilan lainnya. Sebagai salah satu keterampilan produktif, menulis memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan terutama dalam hal pengembangan pengetahuan, budaya, pengungkapan rasa, dan karsa manusia. Dalam pembelajaran menulis aksara Bali  dapat menggunakan teknologi Bali Simbar antara lain Bali Simbar B, Bali Galang dan Bali DJ (Dwijendra). Dari penggunaan program Bali Simbar tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam hal menulis aksara Bali dalam kegiatan mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi, argumentasi, eksposisi dan deskripsi. Serta manfaat nyata dari adanya teknologi pembelajaran Bali Simbar dalam pembelajaran menulis adalah pertama, wawasan akan berkembang. Kedua, mempercepat pekerjaan menulis. Ketiga, Kita dapat menulis tanpa batas tempat dan waktu. Keempat, alat ini memiliki fungsi menyimpan dan mengubah data secara otomatis sehingga kesalahan-kesalahan penulisan dapat lebih mudah diperbaiki. Kelima, tulisan dapat tersimpan secara aman dalam komputer.





















DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. 2010. Strategi Pembelajaran Seolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta: Prestasi Pustaka 
Akhadiah, Sabarti MK.et al. 1986. Menulis. Jakarta: Karunika UT
Arkhadiah, Sabarti, dkk. 1986. Menulis II. Jakarta: Karunika.
———1987. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: CV Manasco.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model dan Media Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2007. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Standar Isi. Jakarta: BNSP
Gie, The Liang. 1995. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty 
Hartoyo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Pelita Insani
Irman, Mokhamad. 2008. Bahasa Indonesia 1 untuk SMK/MAK Semua Program Keahlian. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah..
Linda Campbell, dkk. 2007. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.
Prawiradilaga, Raphael Rahardjo, Yusufhadi Miarso, 1994, Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya, (Unit Penerbitan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.  
Sadiman, Arief S. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali 
Suparno, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Menulis.  Jakarta: UT 
Sutrisno. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi 
Sardiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :      PT. Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar